Menu

Yilan, kdei-taipei.org - Pada tanggal 19 November 2010 Kepala KDEI di Taipei - Harmen Sembiring didampingi oleh Kepala Bidang Imigrasi - Ramli HS dan Urusan Ketenagakerjaan - Sri Setiawati telah berkunjung ke Yilan Detention Centre untuk melihat kondisi para WNI yang sedang berada di Yilan Detention Centre. Kunjungan tersebut diterima dengan baik oleh Director Yilan Detention Center National Immigration Agency Ministry of the Interior- Mr. Chun-Liang Lin beserta jajarannya.
Pada kesempatan tersebut KDEI telah membantu menerbitkan 27 Surat Perjalanan Laksana Pasport (SPLP) kepada WNI dan diserahkan langsung kepada yang bersangkutan. Selain itu, KDEI juga telah memberikan bantuan biaya pembelian tiket kepada 2 (dua) orang WNI sebesar NT$ 10,500 karena yang bersangkutan tidak mempunyai uang untuk kembali ke Indonesia.
Jumlah WNI yang sedang berada di Yilan Detention Centre sebanyak kurang lebih 130 orang dan 90% dari jumlah tersebut adalah wanita yang pernah bekerja sebagai TKI di Taiwan dan 10% lainnya laki-laki. Dalam kesempatan tersebut Kepala KDEI mendapat kesempatan untuk bertatap muka dengan mereka dan memberikan arahan agar pengalaman berharga ini dapat dijadikan pelajaran untuk tidak terulang kembali dimasa mendatang. Sebagian besar dari mereka (lebih dari 80%) berada di detention centre karena masalah pelanggaran keimigrasian yaitu melebihi batas ijin tinggalnya di Taiwan (overstay). Alasan-alasan menjadi overstay juga beraneka ragam mulai dari salah job kemudian kabur atau meninggalkan majikan/pekerjaannya; ada yang nenek/kakek yang dirawatnya meninggal kemudian lari untuk mencari majikan baru; ada yang tidak betah karena majikannya cerewet dan lain sebagainya. Di dentention centre tersebut mereka diperlakukan dengan baik, mendapatkan makan yang cukup serta pakaian yang memadai. Sebagian masalah-masalah mereka hampir selesai dan sedang dalam proses kembali ke tanah air dan sebagian lainnya masih menunggu untuk mendapatkan hak-haknya (seperti sisa gaji, tabungan dan sisa pajak) yang belum didapatkan. KDEI terus memantau dan membantu para TKI agar mendapatkan hak-hak mereka tersebut.

[Foto Lainnya]

Kontak Kami

6F, No. 550, Rui Guang Road, Neihu District, Taipei, 114, Taiwan, ROC
Phone : (02) 87526170
Fax : (02) 87523706

Email: ieto[at]ms8.hinet.net

TAUTAN LAIN

Our website is protected by DMC Firewall!