Menu

Tainan, kdei-taipei.org - Dalam rangkaian keikutsertaan Indonesia dalam ”2010 Taipei Flora Exposition”, rombongan KDEI Taipei yang terdiri dari Pejabat KDEI dan Pejabat Departemen Pertanian RI telah berkunjung ke industri tanaman hias Taiwan pada tanggal 18-21 November 2010. Delegasi Departemen Pertanian RI dalam kesempatan tersebut telah dipimpin oleh Bapak Agus Wediyanto (Direktur Budidaya Tanaman Hias).

Selain mengunjungi tempat pameran Flora Expo di Taipei, pada tanggal 20 November 2010,  rombongan didampingi oleh Kepala KDEI, Bapak Harmen dan Ibu serta Bapak Luther dan Ibu juga berkesempatan ke beberapa lokasi budidaya anggrek di daerah Tainan – Taiwan, antara lain Orchid Botanical Garden dan Taiwan Orchid Plantation.

Bertepatan pada hari itu, Orchid Botanical Garden mengadakan peresmian pameran anggrek yang dibuka oleh Magistrate Tainan County Government, Mr. Su, Huan-Chih dan beberapa tamu VIP yang turut dalam pengguntingan pita diantaranya Bapak Harmen dan Bapak Agus. Dalam sambutannya, Kepala KDEI menekankan bahwa pemerintah Indonesia diharapkan dapat memberikan perhatian kepada petani anggrek sama seperti halnya dengan pemerintah Taiwan, dan kunjungan ke tempat budidaya anggrek tersebut dapat memberikan contoh bagi Indonesia, khususnya Departemen Pertanian agar dapat diterapkan di Indonesia. Selanjutnya, rombongan diundang untuk makan siang bersama Magistrate Tainan County Government, Mr. Su, Huan-Chih.

Pada kunjungan tersebut, rombongan juga mengunjungi Nan Yuan Garden Resort Farm dan Taiwan Orchid Plantation. Taiwan Orchid Plantation dengan luas sebesar 175 hektar merupakan hasil upaya pemerintah untuk mendukung petani anggrek di Taiwan.

Selain bertanggungjawab atas infrastruktur seperti jalan, listrik, air dan sebagainya, pemerintah Taiwan juga memberikan kredit murah bagi petani anggrek yang ingin menyewa lahan. Menurut petani anggrek yang dikunjungi menyampaikan bahwa komposisi permodalan adalah 70% dari modal usaha berupa bantuan kredit pemerintah dengan bunga 1.5% per tahun selama 15 tahun dan 30% dibiayai oleh petani anggrek. Selain itu, petani anggrek mendapat keringanan biaya sewa lahan yaitu hanya sebesar NT$ 5/m2/tahun (NT$ 50.000/ha/tahun).

[ Foto Lainnya ]

Kontak Kami

6F, No. 550, Rui Guang Road, Neihu District, Taipei, 114, Taiwan, ROC
Phone : (02) 87526170
Fax : (02) 87523706

Email: ieto[at]ms8.hinet.net

TAUTAN LAIN

Our website is protected by DMC Firewall!