Menu

Himbauan KDEI-Taipei Mengenai Penipuan Berkedok Kuis atau Sayembara

Dengan ini menghimbau kepada masyarakat Indonesia di Taiwan, bahwa Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipei (KDEI-Taipei) TIDAK PERNAH mengadakan kuis atau sayembara dengan hadiah berupa uang / imbalan apapun. Adapun penipuan berkedok kuis atau sayembara ini sudah seringkali terjadi di Indonesia dan Taiwan, baik melalui telepon, sms, maupun email. KDEI-Taipei mengharapkan agar masyarakat Indonesia di Taiwan waspada terhadap modus penipuan ini.

Bagi yang mempunyai informasi perihal tersebut di atas, bisa melaporkan kepada KDEI-Taipei, pada nomor telepon (02) 8752 – 6170. Ext 27, untuk segera kami tindaklanjuti kepada pihak berwajib. Terimakasih.

KDEI TAIPEI
Juni 2012


SERAH TERIMA SERTIFIKAT KDEI TAPEI DALAM RANGKA BELAJAR KERAJINAN TANGAN “ Chinese knotting ”

Taoyuan, kdei-taipei.org - Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia dalam rangka peningkatan ketrampilan para Tenaga Kerja Indonesia di Taiwan, mengadakan kursus belajar kerajinan tangan “ Chinese knotting” yang diprakarsai oleh Persatuan Dharma Wanita KDEI – Taipei dan dibimbing langsung oleh ahli bebatuan dan kerajinan dari Bangkok – Thailand ( Kartika Dewi ). Kursus kerajinan ini telah berlangsung selama 7 kali pertemuan, dan telah menghasilkan kerajinan yang luar biasa dari para TKI. Mulai dari pembuatan gelang, kalung, aksesoris gantungan kunci, ikat pinggang, dan masih banyak lagi. Kerajinan ini membutuhkan keuletan dan inisiatif yang tinggi dari masing – masing peserta kursus, agar mampu membuat hasil yang bagus dan berfariasi .

KDEI pada tanggal 3 Desember 2010 telah mengadakan survey terhadap hasil – hasil karya mereka dan telah mendapatkan acungan jempol oleh Pembina, dan pada kesempatan itu pula Kepala KDEI menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan menjadi bekal bagi yang mengikutinya untuk masa depan mereka. Dan dari pihak pemrakarsa yaitu Persatuan Dharma Wanita KDEI Ibu Elizabeth Gurusinga menyampaikan bahwa kegiatan ini banyak suka duka didalam nya, karena belajar kerajinan ini harus didasari dengan hati ikhlas dan keuletan.  Dalam kesempatan itu pula KDEI memberikan sertifikat untuk para peserta yang telah lulus / telah mengikuti pembelajaran ini sampai akhir. Penyerahan sertifikat tersebut  langsung diserahkan oleh Bapak Harmen Sembiring  selaku Kepala KDEI-Taipei. Kegiatan belajar kerajinan ini sangat diminati oleh para TKI untuk mengisi waktu – waktu luang mereka dan pembelajaran ini diharapkan  agar menjadi bekal dan nilai tambah bagi TKI di Taiwan.


Kegiatan belajar kerajinan tangan tahap pertama ini telah ditutup secara resmi pada tanggal 3 Desember 2010 oleh Kepala KDEI dengan hasil yang sangat memuaskan. Kegiatan serupa akan diselenggarakan di Taichung dan sekitarnya pada kesempatan berikutnya.

Foto lainnya

KDEI Dl TAIPEI MENGADAKAN PELATIHAN KEPADA INTERPRETER YANG BEKERJA PADA EMPLOYMENT AGENCY Dl TAIWAN

Taipei, kdei-taipei.org - Pada tanggal 23, 24 dan 26 November 2010 KDEI mengadakan program Pelatihan kepada Interpreter yang bekerja pada Employment Agency di Taiwan. Pelatihan tersebut diselenggarakan di 3 tempat yaitu di Taipei, Taichung dan Kaoshiung dengan jumlah peserta yang mengikuti pelatihan sekitar 250 orang. Tujuan pelatihan ini adalah untuk memberikan ilmu pengetahuan tentang ketenagakerjaan, keimigrasian Indonesia maupun Taiwan serta untuk memberikan bekal pengetahuan psikolog terutama mengenai masalah-masalah kejiwaan (stress) yang dialami oleh TKI.

Pelatihan dibuka secara resmi oleh Kepala KDEI - Harmen Sembiring pada pukul 09.00 dan ditutup dengan penyerahan sertifikat secara simbolik oleh Kepala KDEI pada pukul 17.00. Pembicara dalam pelatihan tersebut adalah Kepala Bidang Imigrasi - Ramli HS, Urusan Ketenagakerjaan - Sri Setiawati, perwakilan dari Council of Labor Affairs (CLA), Bureau of Labor Affairs (BLA), Immigration Department dan Tim Psikolog dari Forum Penimarka (Peningkatan Martabat Tenaga Kerja) yang terdiri dari: DR. Syamsul Bahri Tanrere MA, Dra. Rini Kanadiar, Psi dan Basiron, SE, MSi.

Pelatihan ini diharapkan agar para interpreter dapat menjalankan tugasnya dengan baik, lebih peduli dan berpihak kepada yang lemah dalam hal ini TKI. Dengan demikian masalah-masalah yang dihadapi TKI terutama masalah kesalahpahaman peraturan ketenagakerjaan akan berkurang dan akan meningkatkan kesejahteraan TKI dimasa mendatang.

[Foto Lainnya]

Peluncuran Sistem Informasi Administrasi Perkantoran KDEI

Taipei, kdei-taipei.org - Pada tanggal 3 Desember 2010 bertempat diruang tunggu Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia telah dilaksanakan peluncuran aplikasi Sistem Informasi Administrasi Perkantoran (SIAP) KDEI berbasis web. SIAP KDEI berfungsi sebagai alat bantu seluruh staf KDEI dalam kegiatan manajemen administrasi perkantoran. Dengan adanya alat bantu tersebut, diharapkan efektifitas kinerja dari seluruh staff dapat berjalan optimal.


Aplikasi SIAP KDEI memiliki beberapa keunggulan dalam manajemen administrasi perkantoran yaitu: (1) Mengakomodasi kegiatan perkantoran berupa Disposisi Kepala, Arsip Surat Masuk/Keluar, Arsip Memo Dinas, Arsip Dokumen Kantor/SK; (2) Memiliki sistem pengingat (reminder) dari setiap dokumen yang harus diproses; (3) Arsip Data Kepegawaian(4) Fasilitas pencarian dokumen dan (5) Penjadwalan kegiatan dari setiap staf.


Acara peluncuran SIAP KDEI dimulai dengan laporan dari Kepala Bagian Tata Usaha Bapak Luther Palimbong sebagai Ketua Tim Pengembangan IT KDEI. Peluncuran Aplikasi SIAP ditandai dengan pengiriman Memo Dinas dari Kepala KDEI kepada seluruh staf KDEI. Dalam kesempatan sambutannya, Kepala KDEI Bapak Harmen Sembiring mengharapkan agar aplikasi SIAP KDEI dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin.


Kedepannya KDEI akan mengembangkan dan mengimplementasikan beberapa aplikasi sistem informasi yaitu: (1) Sistem Inquiry Perdagangan, Perindustrian dan Investasi secara online; (2) Sistem Re-Entry Hiring Tenaga Kerja secara online; (3) Sistem Endorsment Dokument secara online dan (4) Sistem Registrasi Keberadaan Masyarakat Indonesia di Taiwan.

KUNJUNGAN KEPALA KDEI TAIPEI KE YILAN DETENTION CENTER

Yilan, kdei-taipei.org - Pada tanggal 19 November 2010 Kepala KDEI di Taipei - Harmen Sembiring didampingi oleh Kepala Bidang Imigrasi - Ramli HS dan Urusan Ketenagakerjaan - Sri Setiawati telah berkunjung ke Yilan Detention Centre untuk melihat kondisi para WNI yang sedang berada di Yilan Detention Centre. Kunjungan tersebut diterima dengan baik oleh Director Yilan Detention Center National Immigration Agency Ministry of the Interior- Mr. Chun-Liang Lin beserta jajarannya.
Pada kesempatan tersebut KDEI telah membantu menerbitkan 27 Surat Perjalanan Laksana Pasport (SPLP) kepada WNI dan diserahkan langsung kepada yang bersangkutan. Selain itu, KDEI juga telah memberikan bantuan biaya pembelian tiket kepada 2 (dua) orang WNI sebesar NT$ 10,500 karena yang bersangkutan tidak mempunyai uang untuk kembali ke Indonesia.
Jumlah WNI yang sedang berada di Yilan Detention Centre sebanyak kurang lebih 130 orang dan 90% dari jumlah tersebut adalah wanita yang pernah bekerja sebagai TKI di Taiwan dan 10% lainnya laki-laki. Dalam kesempatan tersebut Kepala KDEI mendapat kesempatan untuk bertatap muka dengan mereka dan memberikan arahan agar pengalaman berharga ini dapat dijadikan pelajaran untuk tidak terulang kembali dimasa mendatang. Sebagian besar dari mereka (lebih dari 80%) berada di detention centre karena masalah pelanggaran keimigrasian yaitu melebihi batas ijin tinggalnya di Taiwan (overstay). Alasan-alasan menjadi overstay juga beraneka ragam mulai dari salah job kemudian kabur atau meninggalkan majikan/pekerjaannya; ada yang nenek/kakek yang dirawatnya meninggal kemudian lari untuk mencari majikan baru; ada yang tidak betah karena majikannya cerewet dan lain sebagainya. Di dentention centre tersebut mereka diperlakukan dengan baik, mendapatkan makan yang cukup serta pakaian yang memadai. Sebagian masalah-masalah mereka hampir selesai dan sedang dalam proses kembali ke tanah air dan sebagian lainnya masih menunggu untuk mendapatkan hak-haknya (seperti sisa gaji, tabungan dan sisa pajak) yang belum didapatkan. KDEI terus memantau dan membantu para TKI agar mendapatkan hak-hak mereka tersebut.

[Foto Lainnya]

Kontak Kami

6F, No. 550, Rui Guang Road, Neihu District, Taipei, 114, Taiwan, ROC
Phone : (02) 87526170
Fax : (02) 87523706

Email: ieto[at]ms8.hinet.net

TAUTAN LAIN

DMC Firewall is developed by Dean Marshall Consultancy Ltd