Menu

Taipei, kdei-taipei.org - Pada tanggal 20 Januari 2010, KDEI dan pihak Changhwa Bank melakukan penanda tanganan Memorandum of Understanding (MOU) yang masing-masing diwakili oleh Kepala KDEI, Bapak Suhartono dan Executive Vice President Changhwa Bank, Mr. James Shih. Dengan adanya proses penandatanganan ini, terhitung sejak 1 Maret 2010 mendatang, seluruh pembayaran pengurusan passport wajib disetor melalui Changhwa Bank diseluruh Taiwan. Hal ini bertujuan selain agar memudahkan teman-teman Indonesia yang tersebar diseluruh pelosok Taiwan untuk melaksanakan pembayaran, juga agar seluruh biaya yang dibayarkan langsung disetor ke kas negara.

Pada kesempatan itu juga, Bapak Suhartono memberikan penjelasan tentang proses/cara perpanjangan passport yang dilakukan pada Changhwa Bank. Setiap warga negara Indonesia yang ingin memperpanjang passport di Taiwan, mulai 1 Maret 2010 mendatang dapat melakukan pembayaran dengan langkah berikut :

1.    Menyetorkan biaya pengurusan passport diberbagai cabang Changhwa Bank diseluruh Taiwan
2.    Mengisi slip permbayaran yang tersedia
3.    Menyimpan tanda bukti pembayaran dengan baik
4.    Mengantarkan dokumen yang diperlukan dengan menyertakan tanda bukti pembayaran ke KDEI
5.    Mengisi slip permohonan passport

Selain cara pelaksanaan diatas, KDEI juga memberikan kemudahan untuk para BMI yang hanya bisa cuti pada hari Minggu / hari besar lainnya dan mengalami kesulitan dengan mengantarkan dokumen yang diperlukan. KDEI akan menunjuk beberapa Lembaga Swadaya Masyarakat atau Organisasi Indonesia di Taiwan serta mendirikan loket pelayanan di tempat-tempat yang ditunjuk secara resmi, misalnya di Taipei Main Station. Di loket ini, para pemohon yang telah membayar biaya pengurusan di Changhwa Bank dapat menyerahkan dokumen lengkap dan mengambil/mengisi slip permohonan passport.

Lebih lanjut, menanggapi berbagai usul dan keluhan terutama dari para BMI mengenai penanganan terhadap berbagai masalah yang dihadapi mereka di Taiwan. KDEI telah menyediakan 4(empat) nomor HP yang dapat dihubungi selama 24 jam agar masalah yang dilaporkan segera dibantu dan ditangani lebih lanjut. Nomor HP tersebut adalah : 0910-906-142,0910-906-143, 0910-906-145, 0910-906-146.

 

TAUTAN LAIN

Kontak Kami

6F, No. 550, Rui Guang Road, Neihu District, Taipei, 114, Taiwan, ROC
Phone : (02) 87526170
Fax : (02) 87523706

Email: ieto[at]ms8.hinet.net

DMC Firewall is a Joomla Security extension!