Menu

Kunjungan ke Buyer : Menembus Pasar Beras dan Kelapa Sawit di Taiwan

Kunjungan ke Buyer : Menembus Pasar Beras dan Kelapa Sawit di Taiwan

Dalam rangka meningkatkan pangsa pasar produk Indonesia di Taiwan, Kepala Bidang Perdagangan KDEI Taipei mengadakan pertemuan dengan beberapa buyer diantaranya  dengan importir beras Chi’s Yuan Feng Enterprise Co di Taichung. Pada kunjungan tersebut Team KDEI Taipei didampingi oleh Mr. Kao, Ms. Ami Yang, Ms. Tiffany Lin dan Mr. Peter Liu dan diterima oleh Mr. Tom Chi selaku General Manager dan Mr. Kyle Chi selaku Marketing. Pada kesempatan tersebut Mr. Tom menyampaikan bahwa perusahaannya bergerak dibidang trading beras, selain itu beliau juga menyatakan pembelian padi yang kemudian diolah menjadi beras untuk dijual kembali. Saat ini, perusahaannya memiliki dua pabrik pengolahan padi dan beras di Taichung dimana berasnya adalah hasil pengolahan sendiri serta dibeli dari beberapa negara seperti Jepang, Thailand dan Vietnam, untuk kemudian dipasarkan di Taiwan dan China.  

Selanjutnya Mr. Tom menyampaikan sudah pernah melakukan pembelian beras dari Indonesia yaitu jenis beras putih, beras merah dan beras hitam selama 5 tahun dan berhenti pada tahun 2004 karena pernah mengalami penipuan oleh pedagang perantara. Selanjutnya Team KDEI menyampaikan bahwa saat ini Indonesia sudah mengalami surplus untuk produksi beras premium, dan dapat diekspor termasuk beras merah dan beras hitam dan sekaligus memperlihatkan contoh beras yang dapat diekspor. Mendengar hal tersebut  Mr. Tom menyampaikan kegembiraannya bila Indonesia sudah dapat menjual beras secara langsung kepada importer tanpa pedagang perantara. Setelah melihat contoh beras yang dibawa, maka saat ini Mr. Tom berminat untuk membeli beras hitam dari UD. Tani Murni sebanyak 20 kontainer ukuran 20 feet. Kemudian, Mr. Tom meminta penawaran dan kondisi pengirimannya.

Selain itu, Team KDEI Taipei juga mengadakan pertemuan dengan Yang Luck International Group yang merupakan perusahaan trading yang bergerak dibidang produk pertanian, perkebunan dan perikanan. Pada kunjungan tersebut Team KDEI diterima oleh Mr. Shau-Tao Kao selaku President, Ms. Amy Wang yang menangani produk beras, Ms. Jill Wu dan Mr. Peter Liu yang menangani masalah produk Perikanan dan Ms. Tiffany Lin yang menangani produk Palm oil dan turunannya. Pada pertemuan tersebut Mr. Kao menyampaikan bahwa saat ini perusahaannya sedang mengadakan kerjasama dengan mantan  pengusaha trading yang telah memiliki jaringan yang sangat luas di Taiwan, China, Hongkong dan beberapa Negara di Afrika Selatan dan Barat. Selanjutnya Mr. Kao menyampaikan keinginannya untuk membeli berbagai jenis produk dari Indonesia antara lain beras berbagai jenis untuk dipasarkan ke China dan Afrika, kelapa sawit, produk perikanan dan hasil laut serta kopi untuk itu mohon dapat diberikan kontak eksportirnya. Mengenai produk beras sedang dipelajari tentang jenis beras yang akan dibeli sesuai permintaan customer di China dan Afrika dan segera disampaikan ke KDEI. Disamping itu Yang Luck International Group berminat juga untuk mengadakan kerjasama dengan pihak Indonesia dibidang pengembangan produk pertanian (khususnya beras), buah-buahan dan produk perikanan. Sehubungan dengan hal tersebut diatas, kiranya Kementerian Pertanian mendukung upaya peningkatan pengembangan produk pertanian melalui dukungan berupa  rekomendasi rekan bisnis di Indonesia yang memiliki lahan pertanian seluas 500 hektar sebagai pilot project.

back to top

Kontak Kami

6F, No. 550, Rui Guang Road, Neihu District, Taipei, 114, Taiwan, ROC
Phone : (02) 87526170
Fax : (02) 87523706

Email: ieto[at]ms8.hinet.net

TAUTAN LAIN

DMC Firewall is developed by Dean Marshall Consultancy Ltd