Menu

Sending Countries Sikapi Covid-19 dan Upaya Kenaikan Gaji Sektor Informal

Sending Countries Sikapi Covid-19 dan Upaya Kenaikan Gaji Sektor Informal Sending Countries Sikapi Covid-19 dan Upaya Kenaikan Gaji Sektor Informal

TAIPEI - Bidang Tenaga Kerja (Naker) KDEI Taipei baru-baru ini melakukan pertemuan dengan Negara-negara pengirim Tenaga Kerja Asing (sending countries) di Taiwan. Pertemuan dilakukan dilakukan untuk membahas isu aktual yang berkembang saat ini, khususnya mengenai penempatan pekerja migran ke Taiwan selama masa pandemi Covid-19, isu kenaikan gaji PMI sektor domestik, dan sejumlah isu hangat lain.

Pertemuan dilakukan baru-baru ini dengan perwakilan Negara Vietnam, Filipina, dan Thailand. Pembahasan utama adalah mengenai kebijakan masing-masing Negara terkait penempatan pekerja migran selama masa pandemi Corona. Negara Vietnam, misalnya, per Mei 2020 kembali membuka proses penempatan pekerja migran setelah sempat ditutup pada Maret sampai April 2020 lalu. Adapun Filipina masih melakukan penutupan, sedangkan Thailand masih melakukan penempatan namun mereka memberlakukan pembatasan penerbangan ke negaranya, sehingga terkait dengan proses kepulangan pekerja migran, dilakukan dengan menyiapkan penerbangan khusus.

Terkait isu dibukanya sektor peternakan dan agromaritim di Taiwan, Vietnam per Mei 2020 telah mengumumkan secara luas, meski belum ada pelamar. Demikian pula dengan Pemerintah Thailand yang telah melakukan penempatan pekerja migran pada dua sektor tersebut. Perjanjian kerja yang digunakan mengikuti ketentuan yang berlaku pada sektor formal namun yang menjadi pemberi kerja adalah asosiasi petani/peternak sapi.

Dalam pembahasan isu mengenai kenaikan gaji sektor domestik, baik perwakilan Vietnam, Filipina, dan Thailand, bersepakat dengan KDEI Taipei bahwa perlu melakukan pengajuan proposal kenaikan gaji sektor informal yang telah 5 (lima) tahun tidak ada kenaikan (*).

back to top

Kontak Kami

6F, No. 550, Rui Guang Road, Neihu District, Taipei, 114, Taiwan, ROC
Phone : (02) 87526170
Fax : (02) 87523706

Email: ieto[at]ms8.hinet.net

TAUTAN LAIN

Our website is protected by DMC Firewall!