Menu

Peningkatan Pelayanan Keimigrasian Bagi Pemohon Di KDEI Taipei 

Peningkatan Pelayanan Keimigrasian Bagi Pemohon Di KDEI Taipei 

Taipei – KDEI Taipei terus berupaya melakukan peningkatan kepada WNI yang tinggal di Taiwan khususnya layanan pada Bidang Keimigrasian. Upaya peningkatan dengan  melakukan langkah-langkah strategis untuk merespon kebutuhan percepatan, kepastian dan transparasi proses pelayanan.

Sejak Januari 2017, untuk memberikan kepastian dalam proses penyelesaian paspor telah diciptakan aplikasi cek paspor selesai yang dapat diakses kapan dan dimana saja oleh pemohon yang sedang melakukan proses pelayanan paspor. Aplikasi ini telah ditautkan pada website KDEI Taipei halaman utama. 

Pada kesempatan ini juga di sosialisasikan tentang Sistem Pelayanan seperti proses foto/wawancara/sidikjari pemohon paspor, telah dilakukan pembagian waktu untuk wawancara/foto/sidikjari menjadi 2 pembagian waktu. Sesi I pada Pagi pkl 09.00-12.00 dan sesi II Siang pkl 13.00-17.00. Hal ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan dan kepastian pada saat akan dilakukan wawancara/ foto/ sidikjari sehingga suasana ruang pelayanan tidak penuh sesak. Kemudian juga dilakukan pembuatan seri informasi keimigrasian untuk merespon kebutuhan informasi yang sering ditanyakan oleh masyarakat Indonesia yang tinggal di Taiwan khususnya dalam hal pelayanan penggantian paspor di KDEI Taipei seperti:

  1. Informasi persyaratan, biaya dan waktu proses pelayanan paspor;
  2. Bagaimana memahami apakah berkas pemohon sudah diterima KDEI Taipei atau belum;
  3. Bagaimana memahami alur/tahapan proses pelayanan;
  4. Bagaimana melakukan pengecekan paspor selesai dengan aplikasi yang telah disediakan;
  5. Penyelesaian paspor 7 (tujuh) hari kerja setelah foto/wawancara/ sidikjari;
  6. Pengiriman paspor selesai VIA ekspedisi tercatat yang memberikan kemudahan pelayanan;
  7. Informasi bagaimana melakukan penggantian paspor hilang saat berwisata di Taiwan;
  8. Penggunaan pakaian saat akan dating ke KDEI Taipei untuk proses foto/wawancara/ sidikjari; dan
  9. Informasi terkait dengan persyaratan, biaya serta waktu proses pemohon visa bagi orang asing yang mengajukan visa di KDEI Taipei.

Untuk memberikan kenyamanan bagi pemohon layanan, KDEI Taipei khususnya Bidang Imigrasi sejak awal Oktober 2017 telah memberikan minuman ringanan gratis sebanyak 300 minuman kotak per hari yang diberikan kepada seluruh pemohon yang datang. 

Semua ini dilakukan atas dukungan pimpinan dan komitmen bersama seluruh pegawai untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pemohon layanan (WNI/WNA) yang tinggal di Taiwan.(hs)

back to top

TAUTAN LAIN

Kontak Kami

6F, No. 550, Rui Guang Road, Neihu District, Taipei, 114, Taiwan, ROC
Phone : (02) 87526170
Fax : (02) 87523706

Email: ieto[at]ms8.hinet.net

DMC Firewall is developed by Dean Marshall Consultancy Ltd