Menu

Tingkatkan Perlindungan TKI, KDEI Taipei - BPJS Ketenagakerjaan Lakukan Sosialisasi Perdana Asuransi TKI di Taiwan

Tingkatkan Perlindungan TKI, KDEI Taipei - BPJS Ketenagakerjaan Lakukan Sosialisasi Perdana Asuransi TKI di Taiwan

 

Taipei, KDEI (20/08/2017). Sejak awal Agustus 2017, Tenaga Kerja Indonesia (TKI) mulai menggunakan layanan perlindungan dari BPJS Ketenagakerjaan, Hal inis esuai Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 7 Tahun 2017 tentang Program Jaminan Sosial Tenaga Kerja Indonesia. Asuransi TKI yang selama ini dijalankan oleh konsorsium asuransi dialihkan ke BPJS Ketenagakerjaan. 

Latar belakang hadirnya BPJS Ketenagakerjaan di Asuransi TKI yakni sebagai wujud kehadiran negara dalam perlindungan TKI melalui jaminan sosial. Sejak peresmian Permenaker tersebut, BPJS Ketenagakerjaan terus menggalakkan sosialisasi di dalam negeri. Dalam rangka memberikan pemahaman awal kepada TKI terkait asuransi, maka KDEI Taipei menggandeng BPJS Ketenagakerjaan dalam sosialisasi asuransi TKI untuk pertama kalinya dilaksanakan di luar negeri. 

Rangkaian kegiatan sosialisasi perdana tersebut terbagi dua kali yakni sosialisasi dan diskusi interaktif langsung dengan TKI 30 TKI di KDEI Taipei serta sosialisasi dalam event Festival Budaya Nusantara 2017 dengan audiens sekitar ± 1.500 TKI yang diselenggarakan di Alun-alun Walikota New Taipei City, Banqiao, New Taipei City, Taiwan, Minggu (20/08). Acara tersebut efektif karena selain disaksikan langsung oleh TKI juga dapat disaksikan melalui streaming melalui Facebook yang dapat langsung diakses oleh TKI yang tidak berkesempatan hadir dalam dua even sosialisasi tersebut. 

Dalam sosialisasi tersebut turut disampaikan intisari program perlindungan dalam Program Asuransi TKI yakni Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, serta Jaminan Hari Tua. Mayoritas TKI yang hadir dalam acara tersebut masih dalam coveran asuransi sebelumnya, tertarik dengan Jaminan Hari Tua karena hal tersebut memungkinkan bagi TKI dalam masa penempatan di bawah 1 Agustus 2017 untuk mengikuti program Jaminan Hari Tua tersebut. 

Terdapat banyak kelebihan dari skema asuransi TKI oleh BPJS Ketenagakerjaan antara lain pelayanan kesehatan karena kecelakaan kerja sampai sembuh tanpa batasan biaya, perlindungan terhadap anak atau ahli waris jika peserta BPJS Ketenagakerjaan meninggal dunia, bahkan anak TKI bisa mendapatkan beasiswa sampai sarjana. BPJS Ketenagakerjaan juga akan memberikan layanan yang mudah, sistem yang andal serta jaringan yang luas. Dengan demikian proses pembayaran iuran dan klaim akan lebih gampang dilakukan TKI. 

Dalam sambutannya Kepala KDEI Taipei, Robert J Bintaryo mengatakan, “Kami mengundang banyak Instansi Pemerintah dalam acara ini, salah satunya BPJS Ketenagakerjaan untuk melakukan sosialisasi dan penjelasan mengenai aturan baru TKI ini dan kami rasa acara Festival Budaya Nusantara ini adalah momen yang tepat untuk melakukan sosialisasi kepada TKI mengingat acara ini yang diselenggarakan setiap tahun pasti dihadiri banyak TKI”.

back to top

TAUTAN LAIN

Kontak Kami

6F, No. 550, Rui Guang Road, Neihu District, Taipei, 114, Taiwan, ROC
Phone : (02) 87526170
Fax : (02) 87523706

Email: ieto[at]ms8.hinet.net

DMC Firewall is a Joomla Security extension!