Menu

KDEI di Taipei Gelar Rakor Teknis Penanganan Permasalahan TKI Bersama Depnaker se-Taiwan 

KDEI di Taipei Gelar Rakor Teknis Penanganan Permasalahan TKI Bersama Depnaker se-Taiwan 

TAIPEI – KDEI di Taipei menggelar Rapat Koordinasi Teknis Penanganan Permasalahan TKI di Taiwan bersama dengan Depnaker se-Taiwan, Rabu (24/5). Selain sebagai upaya percepatan respons penanganan permasalahan TKI, kegiatan ini dimaksud untuk menekan angka TKI Kaburan di Taiwan.

Dalam sambutannya, Kepala KDEI di Taipei Bpk. Robert J Bintaryo menyampaikan bahwa KDEI di Taipei telah membuka askes pengadua WNI/TKI seluas-luasnya melalui jalur telepon, contact person Bidang Ketenagakerjaan, melalui media sosial, website KDEI, pelayanan mobile service, maupun KDEI corner, serta pelibatan Satgas/Sukarelawan TKI.

“Saat ini total TKI yang bekerja di Taiwan sekitar 252,341. Total pengaduan tahun lalu yang disampaikan ke KDEI di Taipei sekitar 1.050-an kasus, dan saat ini ini jumlah pengaduan sudah hampir menyentuh angka 900, dengan tingkat penyelesaian lebih dari 81 %,” tuturnya.

Umumnya, pengaduan didominasi oleh kasus tidak harmonis dengan pengguna, pekerjaan tidak sama dengan PK, dan gaji tidak lunas. Masalah lain yang perlu mendapat perhatian adalah masih maraknya TKI kaburan yang saat ini mencapai jumlah 24 ribuan serta meningkatnya penggunaan Narkoba di kalangan TKI. 

Selain itu seiring dengan mekanisme perpanjangan kontrak tanpa harus pulang, banyak agensi yang membebankan biaya pengurusan yang sangat tinggi kepada TKI berkisar antara 30.000 s/d 80.000 $NT.

“Tentunya permasalahan ini menjadi PR kita yang tetap kita berupaya seoptimal mungkin untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, serta yang tak kalah pentingnya adalah mensosialisasikan berbagai program-program atau informasi ketenagakerjaan yang dapat diakses langsung oleh TKI. Hal ini sebagai upaya preventif yang sedang dan terus kita galakkan,” tandasnya.

Rapat Koordinasi Teknis Penanganan Permasalahan TKI di Taiwan melibatkan perwakilan dari seluruh Depnaker di Taiwan, selain itu turut dihadiri pula oleh Perwakilan dari Workforce Development Agency, yaitu Section Chief Cross-Border Workforce Management Division, Workforce Development Agency (WDA), Ministry of Labor, Ibu Yu, Hsiao-Chiu (Yu, Fatimah).

Kegiatan juga diisi dengan sesi tanya jawab serta pemaparan permasalahan dari masing-masing perwakilan Depnaker. Beberapa permasalahan utama yang menjadi pembahasan adalah terkait hak-hak TKI sesuai PK, TKI Kaburan, TKI melahirkan di Taiwan, serta pengurusan dokumen paspor dan legalisasi dokumen di KDEI Taipei.(*)

 

back to top

TAUTAN LAIN

Kontak Kami

6F, No. 550, Rui Guang Road, Neihu District, Taipei, 114, Taiwan, ROC
Phone : (02) 87526170
Fax : (02) 87523706

Email: ieto[at]ms8.hinet.net

DMC Firewall is developed by Dean Marshall Consultancy Ltd