Menu

Asia Frozen Food Corp dan PT Austindo Nusantara Jaya Tbk Merealisasikan Rencana Joint Venture

Asia Frozen Food Corp (AFFC) merupakan perusahaan asal Taiwan yang bergerak di bidang industri pengolahan makanan dengan teknologi yang cukup tinggi, dengan kapasitas produksi 90.000 ton produk pertanian, mempekerjakan 3.100 orang dengan 700 diantaranya adalah petani. Produk utama AFFC antara lain sayuran beku, edamame, ikan dan belut. Saat ini perusahaan telah memiliki pabrik di Taiwan, Vietnam, Thailand, Republik Rakyat Tiongkok, dan Indonesia. 

AFFC telah berkomunikasi dengan PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ) sejak 2015 untuk penjajakan kerjasama investasi di bidang industri pengolahan makanan (edamame) di Jember senilai USD 7 juta.

Rencana kerjasama tersebut telah direalisasikan dalam joint venture (JV) dalam kepemilikan saham di PT Gading Mas Indonesia Teguh, anak perusahaan ANJ yang bergerak di bidang industri makanan yang telah beroperasi di Jember sejak tahun 1992. AFFC telah membeli 20% saham PT Gading Mas Indonesia Teguh (GMIT).

Acara Evening Cocktail Party diselenggarakan oleh ANJ pada tanggal 29 November 2017 di Jakarta untuk merayakan kerjasama JV tersebut. 

Direktur Utama GMIT, Jahya Lukas, mengatakan GMIT akan masuk ke industri makanan beku, setelah melewati tiga tahun terakhir bermitra dan bekerja sama dengan para petani edamame di Kabupaten Jember, memberikan pendampingan selama masa tanam dan panen agar bisa menghasilkan edamame yang berkualitas, kemudian membelinya dari petani dan memasarkan produk tersebut ke Bali, Jawa Timur, dan Jawa Barat. Melalui kerjasama strategis ini, GMIT akan memfokuskan bisnis edamamenya untuk pasar ekspor, terutama ke Jepang.

Pada kesempatan tersebut, Representative of Taipei Economic and Trade Office di Jakarta, Mr. John Chen, menyampaikan bahwa Asia Foods Group memiliki 50% market share edamame di dunia, dan ANJ Group merupakan reputable company di Indonesia yang berkomitmen mengedepankan pengembangan bertanggung jawab. Jadi ini merupakan kerjasama antara dua pihak yang sangat potensial, dan JV layaknya seperti pernikahan, mengucapkan selamat dan terima kasih kepada Asia Food Group yang telah merespon kebijakan Taiwan New Southbound Policy.

Selanjutnya, Chairman of Asia Foods Group, Mr. Lin, Chang-Chi, mengatakan Asia Foods sudah cukup lama berminat untuk investasi di Indonesia dan akhirnya telah terealisasi dengan adanya JV ini. Saat ini ANJ Group memproduksi sekitar 1600 ton/tahun dan dapat ditingkatkan menjadi 20-30 ribu ton / tahun setelah pendirian unit frozen line dan kerjasama strategis dengan AFCC.

Terakhir President Director of ANJ, Istini Siddharta  menyampaikan bahwa masing-masing pihak memiliki kelebihan, diantaranya ANJ memahami produksi di Indonesia, pasar lokal, dan agroeconomy, sementara Asia Foods Group memiliki akses pasar dan pengalaman yang lebih maju. Diharapkan kerjasama ini akan sukses dan dilanjutkan dengan ekspansi bisnis lainnya.

Read more...

KDEI Taipei Hadiri Pembukaan Acara Indonesia Sales Mission 2017 di Taipei Garden Hotel

(14/12/17) Kegiatan Sales Mission  merupakan kegiatan promosi pariwisata yang bersifat business to business yang mempertemukan industri pariwisata Indonesia dengan pelaku industri pariwisata Taiwan dalam menjual paket wisata Indonesia,  sehingga dapat terjadi transaksi penjualan paket-pakat wisata ke seluruh destinasi yang ada di Indonesia. 

Sales Mission  ini merupakan kerjasama antara Kementerian Pariwisata dengan KDEI Taipei dalam rangka mempromosikan budaya dan destinasi wisata Indonesia di Taiwan, dengan harapan dapat menumbuhkan minat wisatawan Taiwan untuk berkunjung ke Indonesia.

Read more...

KDEI Taipei Menerima Kunjungan Perwakilan TAITRA

Kepala KDEI Taipei didampingi Kepala Bidang Perdagangan, Kepala Bidang Investasi dan Kepala Bidang Industri KDEI Taipei menerima perwakilan TAITRA pada Selasa, 12 Desember 2017 di Ruang Pertemuan KDEI Taipei Lantai 6. 

Dalam pertemuan tersebut perwakilan TAITRA yang dipimpin oleh Executive Director Industry Marketing Department TAITRA, Felix H. L. Chiu menyampaikan ucapan terima kasih atas kedatangan dan partisipasi Kepala KDEI Taipei di acara Taiwan Excellent pada Mei 2017.

selanjutnya pada pertemuan tersebut TAITRA menyampaikan dukungan terhadap kegiatan-kegiatan KDEI Taipei, termasuk kesediaan mendorong perusahaan-perusahaan Taiwan untuk hadir pada acara-acara yang akan diselenggarakan KDEI Taipei pada 2018. 

TAITRA juga mendorong pengusaha Taiwan terhadap produk-produk Halal termasuk membukan Paviliun Halal pada eksibisi-eksibisi produk Makanan dan Minuman. Dibahas pula hal-hal terkait rencana-rencana dan program-program kegiatan KDEI Taipei pada 2018 dan aktifitas TAITRA pada tahun tersebut.

Terkait kegiatan Indonesian Week 2018 yang akan diselenggarakan pada Maret 2018,  TAITRA akan memuat rencana kegiatan tersebut pada Taiwan News & Talk yang akan diterbitkan pada Januari 2018.

Read more...

Kerukunan Masyarakat Kristen Indonesia (KMKI) di Taiwan merayakan Natal Akbar 2017

Kerukunan Masyarakat Kristen Indonesia (KMKI) di Taiwan merayakan Natal Akbar 2017, pada tanggal 3 Desember 2017  di Banqiao Overseas Chinese School, Banqiao District New Taipei City.  Acara ini dihadiri oleh organisasi kemasyarakatan Indonesia seperti IOCA, APIT dan IDN Taiwan.

Pada kesempatan ini Kepala KDEI Taipei memberikan sambutan pada acara tersebut dan  mengajak seluruh masyarakat Indonesia di Taiwan untuk selalu menjaga kerukunan antar umat beragama, serta senantiasa mentaati aturan yg berlaku di Taiwan. 

Persembahan nyanyian dan tarian nasional dari mulai anak-anak tingkat TK, SD serta  warga senior.  Kepala KDEI Taipei juga berkesempatan memberikan hadiah doorprize berupa sepeda kepada peserta acara Natal Akbar 2017.

Read more...

Gelar Budaya untuk Sin Cu Min (WNA) dan Pekerja Migran di Keelung

Gelar Budaya untuk Sin Cu Min (Warga Negara Asing) dan Pekerja Migran di Keelung di selenggarkan oleh Pemerintah Kota Keelung pada tanggal 3 Desember 2017. 

Acara ini merupakan acara rutin Tahunan yang diselenggarakan sebagai bentuk penghormatan kepada warga asing yang bermukim di wilayah Keelung. Gelar budaya ini diikuti oleh warga asing yang tidak hanya yang berasal dari Indonesia, tetapi juga dari Filipina, Vietnam, Myanmar dan Thailand.

Pada kesempatan kali ini Kepala KDEI Taipei, Robert James Bintaryo memberikan sambutan di pembukaan acara tersebut, beliau mengharapkan dengan cara ini Masyarakat Indonesia dapat berperan serta memperkenalkan dan mempromosikan budaya Indonesia kepada masyarakat Taiwan.

Read more...

KDEI Taipei menerima kunjungan Organisasi TKI, Herox Ngawi

Taipei (03/12/17), Kepala KDEI di Taipei menerima kunjungan dari organisasi TKI yang ada di Taichung. Dalam pertemuan singkat tersebut dibahas beberapa hal seputar isu ketenagakerjaan khususnya yang dialami oleh rekan-rekan TKI di Taiwan, serta usulan-usulan kegiatan positif yang bermanfaat bagi TKI. Menyikapi berbagai permasalahan tersebut dengan pemberitaan-pemberitaan di media social diharapkan TKI dapat lebih bersikap dewasa, agar tidak langsung mempercayai kabar yang beredar melalui media social.

Dalam kunjunganya Herox Ngawi sebagai salah satu organisasi TKI yang bergerak di bidang social yang resmi berdiri pada tahun 2010 tersebut, menyampaikan maksud kedatangannya yakni perihal rencana pelaksanaan kegiatan perkumpulan anggota organisasi yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Januari 2018 di Taichung. Organisasi meminta masukan dan kehadiran KDEI Taipei dalam kegiatan tersebut. 

Organisasi yang berbasis di Taichung dengan anggota ratusan orang TKI tersebut meminta waktu dalam acara tersebut terkait dengan beberapa hal yang belum dipahami secara utuh oleh TKI antara lain seputar kebijakan perpanjangan kontrak tanpa pulang, asuransi TKI, tata cara menikah resmi di Taiwan, legalisasi dokumen serta hal-hal terkait lainnya.

Menanggapi permintaan dari pihak organisasi TKI tersebut, Kepala KDEI Taipei menyambut baik rencana pelaksanaan kegiatan tersebut. Disampaikannya bahwa nantinya acara tersebut akan didukung oleh Full Team Pelayanan WNI/TKI oleh KDEI Taipei khususnya dalam sosialisasi ketenagakerjaan, hukum, keimigrasian, kekonsuleran serta peraturan terkait lainnya sebagaimana biasanya yang dilakukan oleh KDEI Taipei selama ini dalam acara Mobile Service KDEI.

Diharapkan nantinya WNI/TKI yang berada di sekitar Taichung dapat memanfaatkan momen yang baik tersebut.

Read more...

Hari ke 2 Tour de Coffee 2017  di Takengon

 

Aceh (28/112017). Tim  Ekonomi KDEI pada kegiatan hari ke-2 difokuskan berkunjung ke perkebunan, serta tempat pengumpulan dan pengolahan kopi milik Koperasi Ketiara di Kabupaten Aceh Tengah.

Koperasi Pedagang Kopi (KOPEPI) Ketiara merupakan koperasi yang terdiri atas sekitar 1700 warga Aceh Tengah yang memiliki perkebunan kopi. Kegiatan utama dari koperasi ini antara lain melakukan pembekalan kepada petani kopi mulai dari masalah pembibitan, metode penanaman, pemasaran, sampai dengan pendidikan yang terkait dengan isu-isu terkini  komoditas kopi seperti sertifikasi organik dan fair trade.

Pada hari ke 2 ini juga  KOPEPI Ketiara mengadakan persentasi mengenai pengamatan terhadap proses pengolahan kopi mulai dari bentuk cherry hingga menjadi produk siap ekspor (green bean) dan juga sampai dengan pengujian rasa kopi (cupping).

Read more...
Subscribe to this RSS feed

TAUTAN LAIN

Kontak Kami

6F, No. 550, Rui Guang Road, Neihu District, Taipei, 114, Taiwan, ROC
Phone : (02) 87526170
Fax : (02) 87523706

Email: ieto[at]ms8.hinet.net

DMC Firewall is developed by Dean Marshall Consultancy Ltd