Menu

Kepala KDEI Taipei memberikan sambutan pada Indonesia Business Forum 2020

Taipei (22/10), KPMG Taiwan bersama KDEI Taipei menyelenggarakan Indonesia Business Forum 2020 bertempat di Taipei 101 yang dihadiri oleh sekitar 40 peserta yang terdiri dari sekitar 20 perusahaan Taiwan yang bergerak di berbagai sektor industri manufaktur antara lain elektronik, tekstil, plastik, kimia, dan injection molding. Hal ini menunjukan bahwa di tengah situasi pandemi Covid-19, minat pelaku usaha untuk berinvestasi ke Indonesia masih cukup tinggi.

Dalam sambutannya, Kepala KDEI Taipei, Budi Santoso, menyampaikan bahwa forum ini dilakukan dalam rangka memberikan kepercayaan dan keyakinan kepada investor Taiwan yang tengah mempersiapkan rencana ekspansi paska pandemi Covid-19 agar lebih agar lebih yakin dalam memutuskan investasi-nya ke Indonesia. Disampaikan bahwa Indonesia, meski cukup terdampak oleh Covid-19, namun berhasil melakukan pemulihan yang cukup cepat dan tanggap baik dari sisi penanganan kesehatan maupun pemulihan perekonomian.

Disampaikan pula bahwa Indonesia saat ini terus berbenah melanjutkan upaya reformasi dan pemulihan ekonomi dengan cara menciptakan lapangan kerja baru melalui investasi. Melalui Undang-undang Cipta Kerja, pelaku usaha akan lebih mudah untuk membuka bisnis-nya di Indonesia. Regulasi yang tumpang tindih dan prosedur yang rumit di Indonesia akan disederhanakan.

Pada sesi presentasi dan diskusi menampilkan narasumber yaitu Kepala Bidang Investasi KDEI Taipei yang menyampaikan kebijakan investasi terkini, peluang dan insentif di Indonesia, Head of Clients & Markets KPMG Indonesia, Bapak Susanto yang menyampaikan secara rinci mengenai update kebijakan perpajakan di Indonesia dengan adanya Omnibus Law, serta Chairman Meiloon Industrial, Mr. Wu Wei Chun yang memberikan pandangan mengenai pengalamannya dalam melakukan investasi di Indonesia.

KDEI Taipei, dalam rangka menarik lebih banyak investasi Taiwan ke Indonesia, secara aktif terus melakukan promosi door-to-door dan pendampingan kepada investor, mulai dari penjajakan, fasilitasi pengurusan perizinan dengan berkoordinasi bersama Kementerian atau Lembaga Pemerintah di Tingkat Pusat dan Daerah, serta memberikan layanan after-care sehingga perusahaan akan merasa nyaman untuk berinvestasi di Indonesia.

Read more...

Menteri Perdagangan menghadiri acara Pengumuman Pemenang Lomba Videografi Bangga Buatan Produk Indonesia secara virtual

Kantor Dagang dan Ekonomi (KDEI) Taipei menyelenggarakan “Lomba Videografi Bangga Menggunakan Produk Indonesia di Taiwan”. Lomba ini digelar dalam rangka promosi dan peningkatan kebanggan penggunaan produk Indonesia di Taiwan.

Puncak rangkaian kegiatan lomba videografi ini digelar di kantor KDEI Taipei, Selasa 20 Oktober 2020 dengan acara Pemberian Hadiah Lomba Bangga Menggunakan Produk Indonesia di Taiwan. Acara tersebut dihadiri para finalis, pengusaha Indonesia di Taiwan, diaspora indonesia, distributor produk Indonesia, mahasiswa dan pekerja migran Indonesia di Taiwan.

Pada kesempatan tersebut Menteri Perdagangan Agus Suparmanto yang didampingi Sekretaris Jenderal Suhanto, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Syailendra, dan Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kasan memberikan sambutan dan ucapan selamat secara virtual kepada para pemenang.

Read more...

Partisipasi Kepala KDEI Taipei, dalam Taiwan ASEAN India Strategic Investment Partnership Forum 2020 di Taipei

Taipei, (21/10/20), Kepala KDEI, Bapak Budi Santoso bersama Kepala Perwakilan dari negara-negara ASEAN dan India hadir dalam kegiatan tahunan Taiwan ASEAN India Strategic Investment Partnership Forum 2020 di Taipei.

Forum yang diinisiasi oleh Kementerian Ekonomi Taiwan (MOEA) ini dibuka oleh Director General Department of Investment Service (DOIS), Mr. Emile M. P. Chang dan dihadiri oleh sekitar 400 pelaku usaha Taiwan yang ingin mengetahui iklim dan kebijakan investasi terkini dari negara-negara ASEAN dan India paska Pandemi Covid-19.

Di tengah situasi perang dagang AS-Tiongkok, pandemi Covid-19 dan isu restrukturisasi rantai pasok global, Taiwan ASEAN India Strategic Investment Partnership Forum merupakan forum bisnis bergengsi bagi negara-negara ASEAN dan India untuk bersaing dan saling mempromosikan iklim, kebijakan dan insentif terkini dari negara-nya masing-masing di hadapan para pelaku usaha dan pemangku kepentingan Taiwan.

Hadir mewakili Indonesia dalam sesi diskusi panel Kepala Bidang Investasi KDEI Taipei, Bapak Ali Fauzi yang menjelaskan keberhasilan Indonesia dalam mengatasi Covid-19 dan melakukan pemulihan Indonesia. Terkait pandemi, kebijakan memberikan kemudahan bagi lalu lintas penyelesaian proyek investasi serta disiapkannya lokasi-lokasi investasi yang berdaya saing tinggi dan paket-paket insentif dari pemerintah. Perkembangan terkini dengan diterbitkannya Omnibus Law Cipta Kerja kedepannya juga akan semakin meningkatkan kemudahan berusaha di Indonesia dan diharapkan mampu menciptakan lapangan kerja baru di Indonesia.

Read more...

Kepala KDEI Taipei menghadiri pembukaan Toko Indonesia “Indo Suara“

Taipei (18/10/20), Kepala KDEI Taipei Budi Santoso menghadiri pembukaan Toko Indonesia “Indo Suara“. Kepala KDEI menyampaikan bahwa, dalam rangka upaya peningkatan ekspor produk Indonesia di Taiwan, Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipei terus mendorong adanya pendirian toko-toko Indonesia di Taiwan.
“Dalam rangka promosi produk-produk Indonesia di Taiwan, kami terus mendorong berdirinya toko Indonesia di Taiwan”, kata Kepala KDEI.

Toko Indo suara berlokasi di Blok Y22 Taipei Main Station, menjual beberapa produk Indonesia diantaranya adalah produk kecantikan “Sari Ayu”, makanan dan minuman serta Jasa Pengiriman Uang “Remit Kilat”. Untuk jasa pengiriman uang, Indo Suara bekerjasama dengan Bank BNI.

Read more...

Lunch Meeting Kepala KDEI Taipei dengan Taiwan-Indonesia Tourism Development Exchange Association

Taipei, (12/10) Kepala KDEI Taipei, Budi Santoso menghadiri undangan Lunch Meeting di Michelin Star Restaurant lantai 18 di Sheraton Hotel-Taipei, bersama dengan Chairman of Taiwan-Indonesia Tourism Development Exchange Association - Mr. Alex Chang beserta staf, Legislator Yuan of Taiwan - Mr. Ou-Po Chen, Deputy Director International Affair Division, Taiwan Tourism Bureau-Ministry of Transportation and Communication R.O.C – Mr. Joseph Cheng dan Chairman of Dynasty Button Co.,LTD – Mr. Michael Chen. Dalam acara ini Kepala KDEI Taipei turut didampingi oleh Kepala Bagian Administrasi dam Kepala Bidang Pariwisata dan Perhubungan KDEI Taipei. Adapun pembahasan dalam pertemuan antara lain:

  1. Rencana kerjasama pembentukan Asosiasi Indonesia Taiwan sebagai salah satu ikatan bisnis dengan payung MoU (Memorandum of Understanding) diantaranya pengembangan Halal Tourism, Friendly Muslim untuk kepentingan Taiwan dan Indonesia, dan sebagai wadah untuk mencarikan calon investor yang potensial untuk berinvestasi di wilayah Indonesia Timur, terutama di Kawasan Tana Mori, Labuan Bajo;
  2. Membangun situs Indonesian Library (informasi tentang destinasi pariwisata Indonesia kepada pasar Taiwan);
  3. Menggelar kegiatan Indonesian Culinary Festival di Taipei, Taichung, Kaohsiung yang akan mengundang chef handal indonesia;
  4. Kerjasama promosi pariwisata Indonesia-Taiwan dengan mengadakan kegiatan Fam-trip dengan Ketua Badan Promosi Pariwisata Batam (BPPB);
  5. Upaya mempromosikan produk produk buatan Indonesia di Taiwan.
Read more...

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Kepala dan Pejabat Struktural KDEI Taipei

 

Taipei (12/10), Bertempat di Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipei, telah dilaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan untuk Kepala KDEI Taipei, Budi Santoso, Kepala Bidang Perdagangan, Arif Sulistiyo, Kepala Bidang Industri, Winky Angga Priatna, dan Kepala Bidang Investasi, Ali Fauzi. Acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dilaksanakan secara virtual yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan, dan dihadiri oleh Pejabat Eselon I dan II Kementerian Perdagangan serta seluruh pejabat dan home staff KDEI Taipei.

Acara pelantikan berlangsung dengan khidmat dan sederhana yang dimulai dengan dengan Pembacaan Petikan Keputusan Menteri Perdagangan, Pengambilan Sumpah Jabatan, Penandatanganan Berita Acara Pelantikan dan Pakta Integritas serta dilanjutkan dengan penyampaian kata sambutan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan. Acara diakhiri dengan ucapan selamat kepada pejabat baru oleh seluruh tamu undangan dan foto bersama seluruh jajaran pejabat dan home staff KDEI Taipei.    

Read more...

Kepala KDEI Taipei mengikuti Pelepasan Ekspor Perdana Produk Polyethylen Terephtalete (PET) ke Taiwan secara Virtual

Taipei (10/10/20), Kepala KDEI Taipei Budi Santoso mengikuti pelepasan ekspor perdana produk Polyethylen Terephtalete (PET) ke Taiwan oleh PT Polindo Utama, Deli Serdang, Sumatra Utara, yang dilakukan secara Virtual.

Kementerian Perdagangan mengapresiasi keberhasilan PT Polindo Utama di Deli Serdang mengekspor dua kontainer perdananya dari total delapan kontainer produk PET ke Taiwan sebanyak 44 ton. Enam kontainer sisanya akan dikirimkan secara bertahap pada bulan selanjutnya juga ke Taiwan. Pemerintah optimis perusahaan akan terus berkembang nilai dan volume ekspornya, sehingga pada bulan Desember 2020, nilai ekspornya diharapkan dapat mencapai sekitar Rp308 miliar.

Read more...

Kepala KDEI Taipei Mengikuti Peresmian Sekolah Ekspor Papua

Taipei (29/09/20), Kepala Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipei, Budi Santoso menjadi salah satu narasumber dalam Webinar Peresmian Sekolah Ekspor Papua. Acara ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan edukasi bagaimana produk asal Papua dapat menembus pasar ekspor Taiwan, sekaligus dalam mendorong Sekolah ekspor Papua agar dapat berperan aktif dalam memperkuat pengembangan produk-produk ekspor asal Papua.

Kepala Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipei menyampaikan pentingnya menggenjot kinerja ekspor UKM, sehingga diharapkan dapat berkontribusi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi khususnya di tengah pandemi saat ini.

Melalui Sekolah ekspor Papua, KDEI Taipei berkomitmen nyata untuk memfasilitasi dan mendorong pelaku ekspor tanah air khususnya di Papua agar lebih siap dan percaya diri dalam memasuki pasar Taiwan. Taiwan merupakan pasar yang menjanjikan bagi pelaku usaha Indonesia.

Read more...
Subscribe to this RSS feed

Kontak Kami

6F, No. 550, Rui Guang Road, Neihu District, Taipei, 114, Taiwan, ROC
Phone : (02) 87526170
Fax : (02) 87523706

Email: ieto[at]ms8.hinet.net

TAUTAN LAIN

DMC Firewall is developed by Dean Marshall Consultancy Ltd